CLUB INDONESIAN AROWANA EXHIBITION BANDUNG

 

Warna dan karakter Arowana yang Menarik Perhatian

TUBUHNYA yang besar terlihat mengagumkan meski hanya berenang-renang di dalam akuarium yang cukup besar. Apalagi warnanya yang berkilau, lekas saja menarik perhatian masyarakat dari berbagai kalangan.

Gambaran itu terlihat jelas ketika ratusan ekor ikan arowana ditampilkan pada Club Indonesian Arowana National and International  Exhibition 2019, di Miko Mall, Jalan KH. Wahid Hasyim Bandung, Minggu, 17 Maret 2019. Tampak animo besar masyarakat yang antusias melihat arowana dalam aneka ukuran dan warna.

Eksibisi sekaligus kontes ikan arowana tersebut cukup dipadati para pengunjung dari berbagai golongan usia. Mereka tampak serius mengamati aneka tampilan ikan arowana. Keindahan yang membuat banyak masyarakat kembali ingin memiliki dan memelihara ikan arowana sesuai  kelas dan kemampuannya.

Beberapa pengunjung generasi senior memang seakan kembali teringat masa-masa mulai booming-nya hobi memelihara ikan arowana menjelang tahun 1990 lalu. Sedangkan, kalangan anak-anak dan remaja tampak tertarik dengan bentuk, warna, dan tampilan kalem ikan arowana yang berenang di dalam berbagai akuarium.

Para penggemar ikan arowana pun juga tampak mendiskusikan berbagai tampilan ikan arowana. Mereka juga saling bertukar informasi, bahkan juga memperbincangan bisnis ikan arowana yang diketahui harganya puluhan sampai ratusan juta rupiah per ekor.

Kontes dan eksibisi ikan arowana itu diikuti oleh pehobi yang datang bukan hanya dari Bandung. Ada yang datang dari Jakarta, Pontianak, Semarang, Surabaya, Makassar, dll, Kontes ini diselenggarakan oleh Club Indonesia Arowana dengan dihadiri pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Direktur Jenderal KKP, Slamet Soebijakto, dalam keterangan tertulis mengatakan, bisnis ikan hias sangat potensial menjadikan Indonesia sebagai eksportir terkemuka ikan hias dunia. Apalagi, dari 460 species ikan hias air tawar dunia, sebanyak 50 persen berada di Indonesia dan merupakan plasma nutfah sebagai jati diri bangsa ini, termasuk ikan arowana.

Menurut dia, walau ikan arowana masih dalam ranah kewenangan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, namun pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan pun ikut serius memperhatikan pembinaan pengembangannya. Bahkan, pihaknya juga terbuka jika para pelaku ikan hias arowana ingin mendiskusikan seputar pengembangannya. ***

Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/hidup-gaya/2019/03/18/warna-dan-karakter-arowana-yang-menarik-perhatian